Home » » Pulsa Clock ( Sinyal Jam )

Pulsa Clock ( Sinyal Jam )

Hampir semua system digital beroperasi sebagai system-sistem urutan sinkron atau synchronous sequential system. Yang dimaksud adalah bahwa urutan operasi disinkronisasikan oleh suatu pulsa yang disebut pulsa clock. Pulsa clock yaitu pulsa-pulsa periodik yang biasanya berbentuk bujur sangkar (duty cycle 50%), seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah.
Operasi-operasi yang terjadi di dalam system digital diusahakan terjadi pada waktu-waktu pulsa clock bertransisi dari 0 ke 1 atau dari 1 ke 0. Waktu-waktu transisi ini ditunjukkan pada gambar di bawah. Transisi 0-ke-1 disebut sisi naik (rising edge) atau sisi menuju positip, transisi dari 1-ke-0 disebut sisi jatuh (falling edge) atau sisi menuju negatif.
Pulsa clock ini digunakan pada Flip-Flop untuk mengubah keadaan-keadaan pada salah satu sisi naik atau sisi turun dari pulsa clock. Dengan kata lain pulsa clock FF akan mengubah keadaan-keadaan pada transisi clock yang sesuai dan akan diam/istirahat (rest) antara pulsa-pulsa clock yang berurutan. Frekuensi dari pulsa-pulsa clock biasanya ditentukan oleh berapa lama waktu yang dibutuhkan FF dan gate-gate di dalam rangkaian untuk memberikan respond terhadap level perubahan-perubahan yang dikomando oleh pulsa clock.

0 komentar:

Posting Komentar