Home » » Rambutan

Rambutan

Rambutan, kenapa ya buah yang satu ini dinamakan rambutan..? Apa karena kulitnya berambut.. he he, lucu juga. Kalau lagi pas musimnya buah yang satu ini gampang sekali ditemukan, bahkan harganya pun cukup murah.
Rambutan sendiri merupakan tanaman tropis yang berasal dari Asia Tenggara. Rambutan banyak terdapat di daerah tropis seperti Afrika, Kamboja, Karibia, Amerika Tengah, India, Indonesia, Malaysia, Filipina, Thailand, dan Sri Lanka.
Buah rambutan juga mengandung karbohidrat, lemak, protein, fosfor, besi, kalsium, dan vitamin C. Kulit buah dan daun mengandung tanin dan saponin. Biji mengandung lemak dan polifenol. Kulit batang mengandung tanin, saponin, flavonida, pectic substance, dan zat besi.
Bagian tumbuhan ini yang dapat digunakan sebagai obat adalah kulit buah digunakan untuk mengatasi disentri dan demam, kulit kayu digunakan untuk mengatasi sariawan, daun digunakan untuk mengatasi diare dan menghitamkan rambut, akar digunakan untuk mengatasi demam, dan biji digunakan untuk mengatasi diabetes mellitus (kencing manis).

0 komentar:

Posting Komentar